Sunday 25 September 2016

Mengganti knalpot Jupiter mx dengan satria FU


Jupiter MX generasi pertama  mengawali karir ditahun 2003-2004, dan cukup mengejutkan satu decade kemudian masih banyak terliat bersliweran di jalan. Dengan berbagai kelebihan dibanding bebek biasa membuat Jupiter MX menjadi sesuatu yang lebih dari sebuah alat transportasi. Namun dalam perjalanannya setiap kendaraan pasti akan menemui kerusakan baik itu kerusakan ringan atau berat. Nah pada Jupiter MX generasi pertama ada satu permasalahan yang cukup membuat jengkel bagi beberapa pengendara, hehehe jengkel? Ya,… ketika memasuki usia tahun ke2 atau tahun ke3 ada pemandangan buruk muncul dibagian knalpot,… warna hitam knalpot memudar dititik tertentu kemudian timbul bercak merah dibarengi dengan kemunculan lubang,… what? Lubang?? Wuss berangkat ke tukang las dan teratasi,… 



hm,.. mana bagian yang menjengkelkan?,….. Nah,.. ternyata kejadian tersebut berulang sampai yang ketiga kalinya, jengkel kan??... Sampai kemudian seseorang di bengkel las langganan menyarankan untuk segera mengganti knalpot milik saya karena kerusakan sudah parah, “blii,.. ini dah ga bisa di tolong”,… sambil mengeluarkan  sekitar satu gengam serbuk karat dari dalam silencer,… “mampus” dalam hati saya ngomong,…  jika dikira-kira harga orisinilnya waktu itu sekitar 800 ribu. Sadar saat saya termenung, orang bengkel tersebut langsung menyarankan saya untuk menggunakan silencer Satria Fu,…. “ Murah bli, lagian bahanya tahan karat”,.. kata bengkelernya. Keesokan harinya langsung saya berburu partnya,  persis seperti perkiaraan  jika di kalkulasi harganya jauh lebih murah,…  

Saatnya mempersiapkan alat,… yang kita butuhkan disini adalah silencer, leher knalpot kemudian paking sambungan,,.. 




PROSES
Memasukan leher ke kolong mesin
Diperlukan sedikit teknik agar leher knalpot dapat masuk ke kolong mesin. Karena diameter pipa leher knalpot berbeda. Pertama buka baut pedal pada sisi kanan, kemudian secara perlahan masukan leher knalpot. Mungkin agak sedikit sulit, tapi dipastikan jika caranya tepat leher akan pas masuk di kolong 


Pemotongan leher

Saat pemasangan diperlukan berbagai penyesuaian. Yang pertama adalah memotong bagian lekukan leher knalpot yang dekat dengan mesin.  Disini yang perlu di ingat, adalah memasang pegangan knalpot di mesin yang standar punya Jupiter MX.  Nah,.. perlu diperhatikan juga treatment pada bagian yang terkena api las harus terus dijaga kebersihannya,… karena pada bagian tersebut seringkali dihinggapi karat. Tapi jangan khawatir, jika kita rajin merawat karat tersebut tidak akan perpengaruh.

MEMASANG BAUT PEGANGAN SILINCER

Sebelum  proses pemasangan perlu diketahui jika pegangan silencer knalpot satria fu tidak sesuai dengan posisi pedal boncenger Jupiter MX. Untuk menyesuaikan perlu sedikit dibengkokkan kearah luar. Tapi ingat hanya sedikit, kemudian ,… tada  tampilan Jupiter MX pun berbah drastic,….  


Finising

Setelah memastikan knalpot satria fu telah tersambung dengan pas, kemudian silahkan lihat dengan teliti seluruh bagian komponen knalpot, Karena pada bagian tertentu knalpot satria fu akan mengalami kontak dengan beberapa part Jupiter MX. Seperti salah satu dengan pedal kaki sebelah kanan. Usahakan sisi yang bersentuhan jangan terlalu banyak, karena nantinya sisi yang bersentuhan akan timbul karat. walaupun karat tersebut tidak terlalu berpengaruh, namun tetap kurang sedap dilihat ketika kita mencuci motor ”hehehe pengalaman pribadi”. Kemudian adalah kontak pada bagian as pedal rem yang posisinya tepat berada di bawak baut knalpot asli Jupiter MX.


 Jjka pemasangan kurang tepat akan terdengar suara benturan saat kita berkendara dengan kecpatan rendah, terutama jika melewati jalan rusak suara benturan akan semakin keras terengar. Tips atur dulu posisi leher knalpot sebelum memasang baut final (baut yang ada di bagian silencer)





Yah,... ini kesan pribadi,setelah menggunakan knalpot satria fu suara standar Jupiter MX berubah drastic. Tidak terdengar seperti fu dan jauh dari suara standar MX,… suara lebih padat dan terkesan sangar,.. hehhe,.. jadi silahkan mencoba,…

86 comments:

  1. Gunakan leher knalpot fu itu kh

    ReplyDelete
  2. Gunakan leher knalpot fu itu kh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas pake punya fu komplit...

      Delete
    2. Iya mas pake punya fu komplit...

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Penggantian silincer dan leher knalpot mx,ada pengaruh buruk ny gk buat mesin mx.diameter lher knalpot mx dg fu kan beda blum lg silincer ny jg beda.lbh plong pny fu krn cuma punya 1 sekat,sdang kan mx lan sekat ny lbh dari1.

    ReplyDelete
  4. Terhitung sudah 5tahun saya pake knalpot fu ndak ad masalah...
    Cuman saya riding gak seneng geber motor... mungkin agak ngelos.... tapi 115 kpj tetep dapet... kondisi daleman standar ting ting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang ini saya pake jupiter mx tahuh keluaran ke 2 yaitu 2012,
      saya udah ganti ke knalpot satria fu tapi suaranya tidak bagus dan tidak padat , salah nya dimana bg?

      Delete
    2. Itu langsung di pasang kah? Atau di tambahin busa api di dalam nya?

      Delete
  5. mas apakah itu pipanya di potong atau di las untuk membuat lekukan yang baru soalnya saya punya jupiter 2011 pipanya ingin menggunakan pipa asli satria fu jugaa soalnya menggunakan pipa uang berbeda kurang enak untuk suara yg di dengarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipotong mas... ya saya juga sempet 2kali ganti leher.... tetep yang paling joss suaranya mah leher orinya fu....hehe.. btw thanks kunjunganya mas...

      Delete
  6. mas, knalpotnya beli dimana?? bisa cod

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya beli d dealer mas... tpi sekarang bengkel biasa juga jual...

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Min itu tuh lehernya pake leher ori satria juga ya? Cuma di potong pas lekukan nya doang min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep... ori semua mas... pengalaman pake leher custom suara jelek banget...

      Delete
    2. Yep... ori semua mas... pengalaman pake leher custom suara jelek banget...

      Delete
    3. pasang di bengkel mana mas?

      Delete
    4. mau pasang juga nieh mas..

      Delete
    5. Dulu saya pasang di bengkel pinggir jalan.... bengkel biasa tapi terkenal se jembrana, Bali barat... tepatnya di deket perbatasan kecamatan negara dan mendoyo...

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  9. Lengkap kali sarannya bos,mantap!
    Punya saya mx 2008,sring liat d jlanan kyaknya ngehits tu,pngen nyoba tapi baca2 dlu dan mampir di blog anda,maju trus blognya bang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih gan kunjungannya... Saran saya mungkin konsultasi dulu sama bengkel langganan... Biar lebih apik hasilnya bravo jupiter mx... Hehe

      Delete
    2. Hehe makasih gan kunjungannya... Saran saya mungkin konsultasi dulu sama bengkel langganan... Biar lebih apik hasilnya bravo jupiter mx... Hehe

      Delete
  10. Mas kalo ganti silincer Fu kena razia ga sih? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kawasan bali ndak pernah kena... Karena masih terhitung part standar... Walaupun lintas merk....
      Cuman kemaren pas pertama kali pasang kena omelan tetangga kost... karena pagi pagi manesin motor suaranya tiba tiba jadi lebih gahar hahahah...

      Delete
  11. Salam MX'ker kawan kawan,... Dalam waktu dekat saya mau buat artikel review 6 tahun penggunaan knalpot fu di jupiter mx,.. Mohon suabar menunggu.... Bravo jupiter MX gen.1....

    ReplyDelete
  12. Itu yang di dalam bagian yang dipotong itu ga ad sekat2nya ya mas?
    Pengerjaannya lama & ribet ga ya?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud sekatnya gimana mas?... tinggal potong las langsung geberrrr,..... paling lama 2 jam,...

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Itu karbu standar? Pake filter atau nda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karbu standar mas,... filter juga dipasang,...
      pernah tak lepas filter,... tarikan bawah jadi berat tapi suara makin sangar,..
      kayaq ada ngorok ngoroknya hahaha,....

      Delete
    2. Mas klw suara knalpotnya ngeledak ledak pd saat turun gas itu penyebabnya ap ya

      Delete
  15. Putaran atas gas pol ga ada masalah?

    ReplyDelete
  16. jarang dibawa ngebut.... Maklum faktor umur heheh...
    Kata temen yang minjem agak berat... Mungkin kalo seneng seting mesin masalah bisa diatasin...

    ReplyDelete
  17. Bang itu leher nya punya ori fu ya? Emang masuk ya bang ke mx old?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran diameternya pas mas...
      Cuman klem knalpotnya pake punya mx...

      Delete
  18. Mas kok knalpot fu di mx saya suka nembak2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lehernya ori fu ato custom mas? Dulu saya ngalamin hal yang sama mas...tapi semenjak fanti leher ori fu udah ga nembak lagi...

      Delete
  19. Replies
    1. Coba konsultasi sama bengkel dulu mas.... Siapa tau masalahnya di mesin... Karbu atau busi kotor misalnya...
      Tapi saran saya pribadi ganti ke ori FU biar hasil maksimal....

      Delete
  20. Mas saya rencana mau masang nih, tp blm begitu paham, itu leher kenalpotnya di potong seberapa panjang?
    Trus yg di potong di lekukan mana ya? Bisa minta potonya nggk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. potong deket lekukan mesin,... kalo ukurannya sih ga da patokan jelas,... pake kira kira aja,... kebetulan kemaren pasang di bengkel yg udah sering modif knalpot,....

      Delete
  21. Mas saya mau tanya, kan mau beli nih buat si ojmx, nah ane beli misah-misah sellernya... ane dah beli silencernya sama lehernya doang nih. Selanjutnya apalagi yah gan? Mohon responnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal beli pak silincer,.... langsung meluncur ke bengkel knalppot langganan,.....

      Delete
  22. mau tanya mas... njmx saya semenjak diganti silincer fu ... tiap awal gas selalu ngempos ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. filternya dibuka gan?,...
      coba seting karbunya dulu,...

      Delete
  23. gan, mx new ane biar sudah pake silencer ori kok gak keluar ya suara khasnya, apa karna pake leher stainless mx?

    ReplyDelete
  24. ganti komplit gan,... dari leher sampe silincer,... dijamin tetangga bakal protes hahaha,....

    ReplyDelete
  25. Ane pake silencer nya supra x lehernya pake yang bawaan si mx. Nah katanya jelek sih. Menurut agan gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut pendapat saya kurang bagus mas,... soalnya diameternya kekecilan mending langsung beli paket leher fu komplit,..

      Delete
  26. Ane udah pake gan, dari leher sampe silencer, suaranya oke cuma suara knalpot selalu nembak pas lepas gas. Apakah karena nggk dipasang paking fu apa gmana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba seting karbunya dulu bang,... saya pake paking mx,.. no nembak,.. hehehe

      Delete
  27. Minta saran gan,kalau diganti slincernya aja bisa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musti dicustom berat bang,... kasian juga kenalpot orinya,...

      Delete
  28. Saya ga dapat2 selencer fu, kira kira beli dimana ya,pengen yang ada moncongnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak? biasanya banyak di toko sparepart bangkan di dealer suzuki juga bisa beli,.. abang tinggalnya dimana?,...

      Delete
  29. Bang njmx saya pake silincer fu leheran custom (semi stainless diameter 50mm) kok suaranya khas fu nya kurang yah, dan kalo digas pol dayanya ky ketahan gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, punya ku juga gitu kasusnya pake leher custom dgn diameter lebih besar, terus tak ganti leheran ori (tak potong dari knalpot bawaan MX), sekarang larinya udah enak lagi, sama suaranya juga udah mirip mirip fu

      Delete
    2. Thanks udah dibantu jawab sama mas Gilang,..

      Delete
  30. Bang motor ane Jupiter z 2010 mau pasang knalpot Fu spek mesin std kira kira apa yg dirubah.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Leher knalpot gan, pake leheran asli aja dari knalpot jupiter z, dipotong trs di las sambung ke knalpot, jgn pake leher custom nnti larinya nahan,, bawa ke tukang knalpot buat bikin sambungannya

      Delete
    2. Joss,,... tinggal nanti estetika (kemiringan sudut) penempatan silincernya diatur biar tambah cakep,...

      Delete
  31. nyimak pengen ikut juga beli kenalpot fu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap gan tolong update kalo udah pasang,.. hehe..
      Thanks kunjungannya,..

      Delete
    2. Ukuran leher yg masuk kekop pnp nggak soalle saya nggak mau potong ujung njmx saya ini saya dikasih leheran satria kalau sekedar potong lekukan gpp...makasih

      Delete
    3. Plug n play bang,.. tapi klem nya saya pake klem mx

      Delete
  32. Mas..itu slincer nya pakai yg ori lokal ato pakai yg thailand?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai ORI mas,.. dulu beli komplit ORI semua,.. mulai dari leher silincer sampe pakingnya,..

      Delete
    2. Iya ada 2 macam..lokal sama thailand..

      Delete
    3. Nah itu yg kurang tau saya,.. soalnya dulu tahun 2013 beli di dealer,..

      Delete
  33. Abis nancep knalpot fu nya, ga perlu setel karbu sama sekali? Ga meledak ledak kalo turun RPM nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak pasang leher ORI Ndak ada keluhan nembak kalo tutup gas,.. beda pas pasang leher custom itu nembak suaranya kayak awm,.. hehe,..

      Delete
  34. Emang leheran fu diameter pad lobang yang di mesin bang

    ReplyDelete
  35. Emangnya leheran fu diameternya pas di lobang yang di mesin bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas bang,.. langsung klop,.. itu yang ori ya

      Delete
  36. mohon bantuan mas.. tolong dikirim gambar r photo bagian leher knalpot fu yg dipotong dan dilas.

    ReplyDelete
  37. Salam,
    Mas ojmx leher mx sambungan tengah head fu.silincer fu tp suara khas fu gk keluar.yg salah apa nya ya,mohon dibantu pencerahan nya

    ReplyDelete
  38. Kalo pasang knalpot racing pkaian fu bisa ga mas?

    ReplyDelete
  39. Pakai silincer fu di mx new 2013, kok ngempos ta tarikan awal ?

    ReplyDelete