Sunday, 25 September 2016

Mengganti knalpot Jupiter mx dengan satria FU


Jupiter MX generasi pertama  mengawali karir ditahun 2003-2004, dan cukup mengejutkan satu decade kemudian masih banyak terliat bersliweran di jalan. Dengan berbagai kelebihan dibanding bebek biasa membuat Jupiter MX menjadi sesuatu yang lebih dari sebuah alat transportasi. Namun dalam perjalanannya setiap kendaraan pasti akan menemui kerusakan baik itu kerusakan ringan atau berat. Nah pada Jupiter MX generasi pertama ada satu permasalahan yang cukup membuat jengkel bagi beberapa pengendara, hehehe jengkel? Ya,… ketika memasuki usia tahun ke2 atau tahun ke3 ada pemandangan buruk muncul dibagian knalpot,… warna hitam knalpot memudar dititik tertentu kemudian timbul bercak merah dibarengi dengan kemunculan lubang,… what? Lubang?? Wuss berangkat ke tukang las dan teratasi,… 



hm,.. mana bagian yang menjengkelkan?,….. Nah,.. ternyata kejadian tersebut berulang sampai yang ketiga kalinya, jengkel kan??... Sampai kemudian seseorang di bengkel las langganan menyarankan untuk segera mengganti knalpot milik saya karena kerusakan sudah parah, “blii,.. ini dah ga bisa di tolong”,… sambil mengeluarkan  sekitar satu gengam serbuk karat dari dalam silencer,… “mampus” dalam hati saya ngomong,…  jika dikira-kira harga orisinilnya waktu itu sekitar 800 ribu. Sadar saat saya termenung, orang bengkel tersebut langsung menyarankan saya untuk menggunakan silencer Satria Fu,…. “ Murah bli, lagian bahanya tahan karat”,.. kata bengkelernya. Keesokan harinya langsung saya berburu partnya,  persis seperti perkiaraan  jika di kalkulasi harganya jauh lebih murah,…  

Saatnya mempersiapkan alat,… yang kita butuhkan disini adalah silencer, leher knalpot kemudian paking sambungan,,.. 




PROSES
Memasukan leher ke kolong mesin
Diperlukan sedikit teknik agar leher knalpot dapat masuk ke kolong mesin. Karena diameter pipa leher knalpot berbeda. Pertama buka baut pedal pada sisi kanan, kemudian secara perlahan masukan leher knalpot. Mungkin agak sedikit sulit, tapi dipastikan jika caranya tepat leher akan pas masuk di kolong 


Pemotongan leher

Saat pemasangan diperlukan berbagai penyesuaian. Yang pertama adalah memotong bagian lekukan leher knalpot yang dekat dengan mesin.  Disini yang perlu di ingat, adalah memasang pegangan knalpot di mesin yang standar punya Jupiter MX.  Nah,.. perlu diperhatikan juga treatment pada bagian yang terkena api las harus terus dijaga kebersihannya,… karena pada bagian tersebut seringkali dihinggapi karat. Tapi jangan khawatir, jika kita rajin merawat karat tersebut tidak akan perpengaruh.

MEMASANG BAUT PEGANGAN SILINCER

Sebelum  proses pemasangan perlu diketahui jika pegangan silencer knalpot satria fu tidak sesuai dengan posisi pedal boncenger Jupiter MX. Untuk menyesuaikan perlu sedikit dibengkokkan kearah luar. Tapi ingat hanya sedikit, kemudian ,… tada  tampilan Jupiter MX pun berbah drastic,….  


Finising

Setelah memastikan knalpot satria fu telah tersambung dengan pas, kemudian silahkan lihat dengan teliti seluruh bagian komponen knalpot, Karena pada bagian tertentu knalpot satria fu akan mengalami kontak dengan beberapa part Jupiter MX. Seperti salah satu dengan pedal kaki sebelah kanan. Usahakan sisi yang bersentuhan jangan terlalu banyak, karena nantinya sisi yang bersentuhan akan timbul karat. walaupun karat tersebut tidak terlalu berpengaruh, namun tetap kurang sedap dilihat ketika kita mencuci motor ”hehehe pengalaman pribadi”. Kemudian adalah kontak pada bagian as pedal rem yang posisinya tepat berada di bawak baut knalpot asli Jupiter MX.


 Jjka pemasangan kurang tepat akan terdengar suara benturan saat kita berkendara dengan kecpatan rendah, terutama jika melewati jalan rusak suara benturan akan semakin keras terengar. Tips atur dulu posisi leher knalpot sebelum memasang baut final (baut yang ada di bagian silencer)





Yah,... ini kesan pribadi,setelah menggunakan knalpot satria fu suara standar Jupiter MX berubah drastic. Tidak terdengar seperti fu dan jauh dari suara standar MX,… suara lebih padat dan terkesan sangar,.. hehhe,.. jadi silahkan mencoba,…

52 comments:

  1. Gunakan leher knalpot fu itu kh

    ReplyDelete
  2. Gunakan leher knalpot fu itu kh

    ReplyDelete
  3. Penggantian silincer dan leher knalpot mx,ada pengaruh buruk ny gk buat mesin mx.diameter lher knalpot mx dg fu kan beda blum lg silincer ny jg beda.lbh plong pny fu krn cuma punya 1 sekat,sdang kan mx lan sekat ny lbh dari1.

    ReplyDelete
  4. Terhitung sudah 5tahun saya pake knalpot fu ndak ad masalah...
    Cuman saya riding gak seneng geber motor... mungkin agak ngelos.... tapi 115 kpj tetep dapet... kondisi daleman standar ting ting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang ini saya pake jupiter mx tahuh keluaran ke 2 yaitu 2012,
      saya udah ganti ke knalpot satria fu tapi suaranya tidak bagus dan tidak padat , salah nya dimana bg?

      Delete
  5. mas apakah itu pipanya di potong atau di las untuk membuat lekukan yang baru soalnya saya punya jupiter 2011 pipanya ingin menggunakan pipa asli satria fu jugaa soalnya menggunakan pipa uang berbeda kurang enak untuk suara yg di dengarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipotong mas... ya saya juga sempet 2kali ganti leher.... tetep yang paling joss suaranya mah leher orinya fu....hehe.. btw thanks kunjunganya mas...

      Delete
  6. mas, knalpotnya beli dimana?? bisa cod

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya beli d dealer mas... tpi sekarang bengkel biasa juga jual...

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Min itu tuh lehernya pake leher ori satria juga ya? Cuma di potong pas lekukan nya doang min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep... ori semua mas... pengalaman pake leher custom suara jelek banget...

      Delete
    2. Yep... ori semua mas... pengalaman pake leher custom suara jelek banget...

      Delete
    3. pasang di bengkel mana mas?

      Delete
    4. Dulu saya pasang di bengkel pinggir jalan.... bengkel biasa tapi terkenal se jembrana, Bali barat... tepatnya di deket perbatasan kecamatan negara dan mendoyo...

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  9. Lengkap kali sarannya bos,mantap!
    Punya saya mx 2008,sring liat d jlanan kyaknya ngehits tu,pngen nyoba tapi baca2 dlu dan mampir di blog anda,maju trus blognya bang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih gan kunjungannya... Saran saya mungkin konsultasi dulu sama bengkel langganan... Biar lebih apik hasilnya bravo jupiter mx... Hehe

      Delete
    2. Hehe makasih gan kunjungannya... Saran saya mungkin konsultasi dulu sama bengkel langganan... Biar lebih apik hasilnya bravo jupiter mx... Hehe

      Delete
  10. Mas kalo ganti silincer Fu kena razia ga sih? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kawasan bali ndak pernah kena... Karena masih terhitung part standar... Walaupun lintas merk....
      Cuman kemaren pas pertama kali pasang kena omelan tetangga kost... karena pagi pagi manesin motor suaranya tiba tiba jadi lebih gahar hahahah...

      Delete
  11. Salam MX'ker kawan kawan,... Dalam waktu dekat saya mau buat artikel review 6 tahun penggunaan knalpot fu di jupiter mx,.. Mohon suabar menunggu.... Bravo jupiter MX gen.1....

    ReplyDelete
  12. Itu yang di dalam bagian yang dipotong itu ga ad sekat2nya ya mas?
    Pengerjaannya lama & ribet ga ya?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud sekatnya gimana mas?... tinggal potong las langsung geberrrr,..... paling lama 2 jam,...

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Itu karbu standar? Pake filter atau nda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karbu standar mas,... filter juga dipasang,...
      pernah tak lepas filter,... tarikan bawah jadi berat tapi suara makin sangar,..
      kayaq ada ngorok ngoroknya hahaha,....

      Delete
  15. Putaran atas gas pol ga ada masalah?

    ReplyDelete
  16. jarang dibawa ngebut.... Maklum faktor umur heheh...
    Kata temen yang minjem agak berat... Mungkin kalo seneng seting mesin masalah bisa diatasin...

    ReplyDelete
  17. Bang itu leher nya punya ori fu ya? Emang masuk ya bang ke mx old?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran diameternya pas mas...
      Cuman klem knalpotnya pake punya mx...

      Delete
  18. Mas kok knalpot fu di mx saya suka nembak2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lehernya ori fu ato custom mas? Dulu saya ngalamin hal yang sama mas...tapi semenjak fanti leher ori fu udah ga nembak lagi...

      Delete
  19. Replies
    1. Coba konsultasi sama bengkel dulu mas.... Siapa tau masalahnya di mesin... Karbu atau busi kotor misalnya...
      Tapi saran saya pribadi ganti ke ori FU biar hasil maksimal....

      Delete
  20. Mas saya rencana mau masang nih, tp blm begitu paham, itu leher kenalpotnya di potong seberapa panjang?
    Trus yg di potong di lekukan mana ya? Bisa minta potonya nggk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. potong deket lekukan mesin,... kalo ukurannya sih ga da patokan jelas,... pake kira kira aja,... kebetulan kemaren pasang di bengkel yg udah sering modif knalpot,....

      Delete
  21. Mas saya mau tanya, kan mau beli nih buat si ojmx, nah ane beli misah-misah sellernya... ane dah beli silencernya sama lehernya doang nih. Selanjutnya apalagi yah gan? Mohon responnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal beli pak silincer,.... langsung meluncur ke bengkel knalppot langganan,.....

      Delete
  22. mau tanya mas... njmx saya semenjak diganti silincer fu ... tiap awal gas selalu ngempos ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. filternya dibuka gan?,...
      coba seting karbunya dulu,...

      Delete
  23. gan, mx new ane biar sudah pake silencer ori kok gak keluar ya suara khasnya, apa karna pake leher stainless mx?

    ReplyDelete
  24. ganti komplit gan,... dari leher sampe silincer,... dijamin tetangga bakal protes hahaha,....

    ReplyDelete
  25. Ane pake silencer nya supra x lehernya pake yang bawaan si mx. Nah katanya jelek sih. Menurut agan gimana

    ReplyDelete