Jupiter MX generasi pertama mengawali karir ditahun 2003-2004, dan cukup
mengejutkan satu decade kemudian masih banyak terliat bersliweran di jalan.
Dengan berbagai kelebihan dibanding bebek biasa membuat Jupiter MX menjadi
sesuatu yang lebih dari sebuah alat transportasi. Namun dalam perjalanannya
setiap kendaraan pasti akan menemui kerusakan baik itu kerusakan ringan atau
berat. Nah pada Jupiter MX generasi pertama ada satu permasalahan yang cukup
membuat jengkel bagi beberapa pengendara, hehehe jengkel? Ya,… ketika memasuki
usia tahun ke2 atau tahun ke3 ada pemandangan buruk muncul dibagian knalpot,…
warna hitam knalpot memudar dititik tertentu kemudian timbul bercak merah
dibarengi dengan kemunculan lubang,… what? Lubang?? Wuss berangkat ke tukang
las dan teratasi,…
hm,.. mana bagian yang menjengkelkan?,….. Nah,.. ternyata kejadian tersebut berulang sampai yang ketiga kalinya, jengkel kan??... Sampai kemudian seseorang di bengkel las langganan menyarankan untuk segera mengganti knalpot milik saya karena kerusakan sudah parah, “blii,.. ini dah ga bisa di tolong”,… sambil mengeluarkan sekitar satu gengam serbuk karat dari dalam silencer,… “mampus” dalam hati saya ngomong,… jika dikira-kira harga orisinilnya waktu itu sekitar 800 ribu. Sadar saat saya termenung, orang bengkel tersebut langsung menyarankan saya untuk menggunakan silencer Satria Fu,…. “ Murah bli, lagian bahanya tahan karat”,.. kata bengkelernya. Keesokan harinya langsung saya berburu partnya, persis seperti perkiaraan jika di kalkulasi harganya jauh lebih murah,…
hm,.. mana bagian yang menjengkelkan?,….. Nah,.. ternyata kejadian tersebut berulang sampai yang ketiga kalinya, jengkel kan??... Sampai kemudian seseorang di bengkel las langganan menyarankan untuk segera mengganti knalpot milik saya karena kerusakan sudah parah, “blii,.. ini dah ga bisa di tolong”,… sambil mengeluarkan sekitar satu gengam serbuk karat dari dalam silencer,… “mampus” dalam hati saya ngomong,… jika dikira-kira harga orisinilnya waktu itu sekitar 800 ribu. Sadar saat saya termenung, orang bengkel tersebut langsung menyarankan saya untuk menggunakan silencer Satria Fu,…. “ Murah bli, lagian bahanya tahan karat”,.. kata bengkelernya. Keesokan harinya langsung saya berburu partnya, persis seperti perkiaraan jika di kalkulasi harganya jauh lebih murah,…
Saatnya mempersiapkan alat,… yang
kita butuhkan disini adalah silencer, leher knalpot kemudian paking sambungan,,..
PROSES
Memasukan
leher ke kolong mesin
Diperlukan sedikit teknik agar leher knalpot
dapat masuk ke kolong mesin. Karena diameter pipa leher knalpot berbeda.
Pertama buka baut pedal pada sisi kanan, kemudian secara perlahan masukan leher
knalpot. Mungkin agak sedikit sulit, tapi dipastikan jika caranya tepat leher
akan pas masuk di kolong
Pemotongan
leher
Saat pemasangan diperlukan
berbagai penyesuaian. Yang pertama adalah memotong bagian lekukan leher knalpot
yang dekat dengan mesin. Disini yang
perlu di ingat, adalah memasang pegangan knalpot di mesin yang standar punya
Jupiter MX. Nah,.. perlu diperhatikan
juga treatment pada bagian yang terkena api las harus terus dijaga
kebersihannya,… karena pada bagian tersebut seringkali dihinggapi karat. Tapi
jangan khawatir, jika kita rajin merawat karat tersebut tidak akan perpengaruh.
MEMASANG BAUT
PEGANGAN SILINCER
Sebelum proses pemasangan perlu diketahui jika
pegangan silencer knalpot satria fu tidak sesuai dengan posisi pedal boncenger Jupiter
MX. Untuk menyesuaikan perlu sedikit dibengkokkan kearah luar. Tapi ingat hanya
sedikit, kemudian ,… tada tampilan Jupiter
MX pun berbah drastic,….
Finising
Setelah memastikan knalpot satria
fu telah tersambung dengan pas, kemudian silahkan lihat dengan teliti seluruh
bagian komponen knalpot, Karena pada bagian tertentu knalpot satria fu akan
mengalami kontak dengan beberapa part Jupiter MX. Seperti salah satu dengan
pedal kaki sebelah kanan. Usahakan sisi yang bersentuhan jangan terlalu banyak,
karena nantinya sisi yang bersentuhan akan timbul karat. walaupun karat tersebut
tidak terlalu berpengaruh, namun tetap kurang sedap dilihat ketika kita mencuci
motor ”hehehe pengalaman pribadi”. Kemudian adalah kontak pada bagian as pedal
rem yang posisinya tepat berada di bawak baut knalpot asli Jupiter MX.
Jjka
pemasangan kurang tepat akan terdengar suara benturan saat kita berkendara
dengan kecpatan rendah, terutama jika melewati jalan rusak suara benturan akan
semakin keras terengar. Tips atur dulu posisi leher knalpot sebelum memasang
baut final (baut yang ada di bagian silencer)
Yah,... ini kesan pribadi,setelah
menggunakan knalpot satria fu suara standar Jupiter MX berubah drastic. Tidak terdengar
seperti fu dan jauh dari suara standar MX,… suara lebih padat dan terkesan
sangar,.. hehhe,.. jadi silahkan mencoba,…
Pribadi san,,,
ReplyDeletehehehe,... ulian pengalaman bli,.. haha,..
DeleteGunakan leher knalpot fu itu kh
ReplyDeleteGunakan leher knalpot fu itu kh
ReplyDeleteIya mas pake punya fu komplit...
DeleteIya mas pake punya fu komplit...
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeletePenggantian silincer dan leher knalpot mx,ada pengaruh buruk ny gk buat mesin mx.diameter lher knalpot mx dg fu kan beda blum lg silincer ny jg beda.lbh plong pny fu krn cuma punya 1 sekat,sdang kan mx lan sekat ny lbh dari1.
ReplyDeleteTerhitung sudah 5tahun saya pake knalpot fu ndak ad masalah...
ReplyDeleteCuman saya riding gak seneng geber motor... mungkin agak ngelos.... tapi 115 kpj tetep dapet... kondisi daleman standar ting ting...
bang ini saya pake jupiter mx tahuh keluaran ke 2 yaitu 2012,
Deletesaya udah ganti ke knalpot satria fu tapi suaranya tidak bagus dan tidak padat , salah nya dimana bg?
Itu langsung di pasang kah? Atau di tambahin busa api di dalam nya?
Deletemas apakah itu pipanya di potong atau di las untuk membuat lekukan yang baru soalnya saya punya jupiter 2011 pipanya ingin menggunakan pipa asli satria fu jugaa soalnya menggunakan pipa uang berbeda kurang enak untuk suara yg di dengarnya
ReplyDeleteDipotong mas... ya saya juga sempet 2kali ganti leher.... tetep yang paling joss suaranya mah leher orinya fu....hehe.. btw thanks kunjunganya mas...
Deletemas, knalpotnya beli dimana?? bisa cod
ReplyDeleteDulu saya beli d dealer mas... tpi sekarang bengkel biasa juga jual...
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMin itu tuh lehernya pake leher ori satria juga ya? Cuma di potong pas lekukan nya doang min?
ReplyDeleteYep... ori semua mas... pengalaman pake leher custom suara jelek banget...
DeleteYep... ori semua mas... pengalaman pake leher custom suara jelek banget...
Deletepasang di bengkel mana mas?
Deletemau pasang juga nieh mas..
DeleteDulu saya pasang di bengkel pinggir jalan.... bengkel biasa tapi terkenal se jembrana, Bali barat... tepatnya di deket perbatasan kecamatan negara dan mendoyo...
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteLengkap kali sarannya bos,mantap!
ReplyDeletePunya saya mx 2008,sring liat d jlanan kyaknya ngehits tu,pngen nyoba tapi baca2 dlu dan mampir di blog anda,maju trus blognya bang!
Hehe makasih gan kunjungannya... Saran saya mungkin konsultasi dulu sama bengkel langganan... Biar lebih apik hasilnya bravo jupiter mx... Hehe
DeleteHehe makasih gan kunjungannya... Saran saya mungkin konsultasi dulu sama bengkel langganan... Biar lebih apik hasilnya bravo jupiter mx... Hehe
DeleteMas kalo ganti silincer Fu kena razia ga sih? Thanks
ReplyDeleteUntuk kawasan bali ndak pernah kena... Karena masih terhitung part standar... Walaupun lintas merk....
DeleteCuman kemaren pas pertama kali pasang kena omelan tetangga kost... karena pagi pagi manesin motor suaranya tiba tiba jadi lebih gahar hahahah...
Salam MX'ker kawan kawan,... Dalam waktu dekat saya mau buat artikel review 6 tahun penggunaan knalpot fu di jupiter mx,.. Mohon suabar menunggu.... Bravo jupiter MX gen.1....
ReplyDeleteItu yang di dalam bagian yang dipotong itu ga ad sekat2nya ya mas?
ReplyDeletePengerjaannya lama & ribet ga ya?
Makasih
maksud sekatnya gimana mas?... tinggal potong las langsung geberrrr,..... paling lama 2 jam,...
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteItu karbu standar? Pake filter atau nda?
ReplyDeletekarbu standar mas,... filter juga dipasang,...
Deletepernah tak lepas filter,... tarikan bawah jadi berat tapi suara makin sangar,..
kayaq ada ngorok ngoroknya hahaha,....
Mas klw suara knalpotnya ngeledak ledak pd saat turun gas itu penyebabnya ap ya
DeletePutaran atas gas pol ga ada masalah?
ReplyDeletejarang dibawa ngebut.... Maklum faktor umur heheh...
ReplyDeleteKata temen yang minjem agak berat... Mungkin kalo seneng seting mesin masalah bisa diatasin...
Bang itu leher nya punya ori fu ya? Emang masuk ya bang ke mx old?
ReplyDeleteUkuran diameternya pas mas...
DeleteCuman klem knalpotnya pake punya mx...
Mas kok knalpot fu di mx saya suka nembak2 ya?
ReplyDeleteLehernya ori fu ato custom mas? Dulu saya ngalamin hal yang sama mas...tapi semenjak fanti leher ori fu udah ga nembak lagi...
DeleteCustom mas
ReplyDeleteCoba konsultasi sama bengkel dulu mas.... Siapa tau masalahnya di mesin... Karbu atau busi kotor misalnya...
DeleteTapi saran saya pribadi ganti ke ori FU biar hasil maksimal....
Mas saya rencana mau masang nih, tp blm begitu paham, itu leher kenalpotnya di potong seberapa panjang?
ReplyDeleteTrus yg di potong di lekukan mana ya? Bisa minta potonya nggk?
potong deket lekukan mesin,... kalo ukurannya sih ga da patokan jelas,... pake kira kira aja,... kebetulan kemaren pasang di bengkel yg udah sering modif knalpot,....
DeleteMas saya mau tanya, kan mau beli nih buat si ojmx, nah ane beli misah-misah sellernya... ane dah beli silencernya sama lehernya doang nih. Selanjutnya apalagi yah gan? Mohon responnya..
ReplyDeletetinggal beli pak silincer,.... langsung meluncur ke bengkel knalppot langganan,.....
Deletemau tanya mas... njmx saya semenjak diganti silincer fu ... tiap awal gas selalu ngempos ...
ReplyDeletefilternya dibuka gan?,...
Deletecoba seting karbunya dulu,...
Nyimak tok
ReplyDeletesilahkan gan,... thanks kunjunganya,...
Deletegan, mx new ane biar sudah pake silencer ori kok gak keluar ya suara khasnya, apa karna pake leher stainless mx?
ReplyDeleteganti komplit gan,... dari leher sampe silincer,... dijamin tetangga bakal protes hahaha,....
ReplyDeleteAne pake silencer nya supra x lehernya pake yang bawaan si mx. Nah katanya jelek sih. Menurut agan gimana
ReplyDeletemenurut pendapat saya kurang bagus mas,... soalnya diameternya kekecilan mending langsung beli paket leher fu komplit,..
DeleteAne udah pake gan, dari leher sampe silencer, suaranya oke cuma suara knalpot selalu nembak pas lepas gas. Apakah karena nggk dipasang paking fu apa gmana bang?
ReplyDeletecoba seting karbunya dulu bang,... saya pake paking mx,.. no nembak,.. hehehe
DeleteMinta saran gan,kalau diganti slincernya aja bisa gk?
ReplyDeletemusti dicustom berat bang,... kasian juga kenalpot orinya,...
DeleteSaya ga dapat2 selencer fu, kira kira beli dimana ya,pengen yang ada moncongnya
ReplyDeletemasak? biasanya banyak di toko sparepart bangkan di dealer suzuki juga bisa beli,.. abang tinggalnya dimana?,...
DeleteBang njmx saya pake silincer fu leheran custom (semi stainless diameter 50mm) kok suaranya khas fu nya kurang yah, dan kalo digas pol dayanya ky ketahan gitu?
ReplyDeleteSama mas, punya ku juga gitu kasusnya pake leher custom dgn diameter lebih besar, terus tak ganti leheran ori (tak potong dari knalpot bawaan MX), sekarang larinya udah enak lagi, sama suaranya juga udah mirip mirip fu
DeleteThanks udah dibantu jawab sama mas Gilang,..
DeleteBang motor ane Jupiter z 2010 mau pasang knalpot Fu spek mesin std kira kira apa yg dirubah.?
ReplyDeleteLeher knalpot gan, pake leheran asli aja dari knalpot jupiter z, dipotong trs di las sambung ke knalpot, jgn pake leher custom nnti larinya nahan,, bawa ke tukang knalpot buat bikin sambungannya
DeleteJoss,,... tinggal nanti estetika (kemiringan sudut) penempatan silincernya diatur biar tambah cakep,...
Deletenyimak pengen ikut juga beli kenalpot fu
ReplyDeleteMantap gan tolong update kalo udah pasang,.. hehe..
DeleteThanks kunjungannya,..
Ukuran leher yg masuk kekop pnp nggak soalle saya nggak mau potong ujung njmx saya ini saya dikasih leheran satria kalau sekedar potong lekukan gpp...makasih
DeletePlug n play bang,.. tapi klem nya saya pake klem mx
DeleteMas..itu slincer nya pakai yg ori lokal ato pakai yg thailand?
ReplyDeletePakai ORI mas,.. dulu beli komplit ORI semua,.. mulai dari leher silincer sampe pakingnya,..
DeleteIya ada 2 macam..lokal sama thailand..
DeleteNah itu yg kurang tau saya,.. soalnya dulu tahun 2013 beli di dealer,..
DeleteAbis nancep knalpot fu nya, ga perlu setel karbu sama sekali? Ga meledak ledak kalo turun RPM nya?
ReplyDeleteSejak pasang leher ORI Ndak ada keluhan nembak kalo tutup gas,.. beda pas pasang leher custom itu nembak suaranya kayak awm,.. hehe,..
DeleteEmang leheran fu diameter pad lobang yang di mesin bang
ReplyDeleteEmangnya leheran fu diameternya pas di lobang yang di mesin bang?
ReplyDeletepas bang,.. langsung klop,.. itu yang ori ya
Deletemohon bantuan mas.. tolong dikirim gambar r photo bagian leher knalpot fu yg dipotong dan dilas.
ReplyDeletetolong untuk alamat emailnya?,..
DeleteKutoarjo943@gmail.com
DeleteMintak mas
Salam,
ReplyDeleteMas ojmx leher mx sambungan tengah head fu.silincer fu tp suara khas fu gk keluar.yg salah apa nya ya,mohon dibantu pencerahan nya
Kalo pasang knalpot racing pkaian fu bisa ga mas?
ReplyDeletePakai silincer fu di mx new 2013, kok ngempos ta tarikan awal ?
ReplyDelete