Dengan kapasitas mesin diatas 400cc
Motor gede memiliki ukuran komponen yang lebih
besar serta kompleks. Sehingga insinyur biasanya dibuat lebih repot
dalam mendesain karena ukuran komponen yang lebih luas ini. Namun dalam beberapa
kasus karena kejeniusan sang insinyur permasalahan
ukuran justru dirubah menjadi keunikan
yang menonjolkan ciri khas dari moge tersebut. Mari kita coba analisa.
Ducati 999
Pabrikan ducati mengunakan mesin
L-Twin90 ̊
pada hampir seluruh line up produksinya. Yang berarti ducati menginginkan
bentuk motor lebih langsing dan tidak terlalu gambot. Knalpot undertail adalah salah satu ide cerdas
yang diciptakan untuk mengurangi ketidak
seimbangan bidang yang dihasilkan ketika knalpot diposisikan disamping.
Source:
www.gizmag.com and www.motorcyclespecs.co.za
Ducati 999 memiliki bentuk knalpot undertail
yang unik dimana dua buah knalpot disusun menjadi satu dan ditempatkan didalam
ekor (in tail,... not under right?) sehingga yang terjadi adalah bentuk ekor
motor terlihat padat. Namun sebagian
besar penggemar ducati tidak menyukai bentuk ekor ini sehigga seorang disainer
muda ditugaskan untuk melakukan perbaikan. Pada tahap selanjutnya sang desainer
muda tetap mempertahankan ide knalpot didalam ekor namun dengan sentuhan yang
lebih memukau. Desain
ekor yang berisikan air intake selanjutnya diwariskan ke generasi-generasi
sportbike berikutnya, termasuk panigale.
Ducati
Panigale 1198-1298
Source:3.bp.blogspot.com
Pernah mendengar istilah melewati batas? Apa
yang ducati lakukan pada superbike 1199-1299 menurut saya lebih tepat dikatakan
sebagai melompati batas. Panigale,.. sosok superbike yang mencuri
perhatian dunia karena kehadiranya dianggap sebagai realisasi dari mimpi para
insinyur dan pengemar sportbike yang memimpikan sebuah sportbike dengan inovasi
diluar akal sehat. Ciri khas dari
panigale ini adalah tidak ditemukannya logam padat dan panjang yang
menyambungkan shockbreaaker depan serta swing arm,…. Betul,.. superbike ini
tidak memiliki atau lebih tepatnya hampir tidak memiliki frame. Panigale hanya
menggunakan sebuah subframe pada buritan serta sebuah airbox dari logam yang
terkoneksi dengan shockbraker depan.
Untuk kejeniusan insinyur ducati tidak perlu
diragukan lagi , karena mewujudkan salah satu ide gila yang mungkin hanya ada
di dalam mimpi kompetitor, merupakan identitas yang selalu mereka bawa.
MV Agusta F3
Source:
www.motocycletube.net
Mahluk
indah ini hasil racikan keluarga Castaglioni, penyabet gelar the most
beautifull bike in milan international motor show. Keindahan disetiap inci dari
motor ini mensiratkan seakan ada aura seorang gadis didalamnya. Namun yang
perlu sobat ketahui proses pendisainanya benar-benar memakan kerja keras serta
waktu yang tidak sedikit. Terutama, dibagian gas tanknya.
Source:
national geographic mega factories
Kata
sang insinyur mereka menghabiskan waktu lebih
banyak hanya untuk menentukan permukaan serta membentuk bidang sederhana.
Saking sulitnya gas tank diposisikan sebagai komponen yang terakhir dibentuk, agar
para insinyur bisa terfokus (ibarat makan, lauk yang paling enak dimakan
belakangan heheh,..) yang unik dari gas tank milik F3 ini selain memiliki
desain cantik mereka juga kompak, mereka memanfaatkan ruang semaksimal mungkin sampai-sampai
ruangan yang ada diawah jok diisi oleh segmen dari gas tank.
Source:
national geographic mega factories
Sudah
puas??... eits tunggu dulu,… masih ada satu lagi yang komponen ikonik di tubuh F3. Hm,,.. apa lagi kalo
bukan bentuk sistem pembuangan gas atau knalpot. Saya sangat kagum dengan ide
brilian penggunaan knalpot yang memiliki tiga lubang pembuangan, selain unik
ide ini benar-benar menjadikan ciri khas yang tidak bisa dihilangkan dari F3.
Tidak heran jika banyak pemilik F3 yang gundah gulana ketika memutuskan untuk
menggantinya dengan parst aftermarket,…
Source: www.motocycletube.net
Source:forum.motorcycle-usa.com
No comments:
Post a Comment