Wednesday 28 October 2015

INSINYUR SEKALIGUS SENIMAN



Dengan kapasitas mesin diatas 400cc Motor gede memiliki ukuran komponen yang lebih  besar serta kompleks. Sehingga insinyur biasanya dibuat lebih repot dalam mendesain karena ukuran komponen yang lebih luas ini. Namun dalam beberapa kasus karena kejeniusan sang insinyur   permasalahan ukuran justru dirubah menjadi  keunikan yang menonjolkan ciri khas dari moge tersebut. Mari kita coba analisa. 
Ducati 999
Pabrikan ducati mengunakan mesin L-Twin90 ̊ pada hampir seluruh line up produksinya. Yang berarti ducati menginginkan bentuk motor lebih langsing dan tidak terlalu gambot.  Knalpot undertail adalah salah satu ide cerdas yang  diciptakan untuk mengurangi ketidak seimbangan bidang yang dihasilkan ketika knalpot diposisikan disamping.  

Source: www.gizmag.com and  www.motorcyclespecs.co.za

Ducati 999 memiliki bentuk knalpot undertail yang unik dimana dua buah knalpot disusun menjadi satu dan ditempatkan didalam ekor (in tail,... not under right?) sehingga yang terjadi adalah bentuk ekor motor terlihat padat.  Namun sebagian besar penggemar ducati tidak menyukai bentuk ekor ini sehigga seorang disainer muda ditugaskan untuk melakukan perbaikan. Pada tahap selanjutnya sang desainer muda tetap mempertahankan ide knalpot didalam ekor namun dengan sentuhan yang lebih memukau. Desain ekor yang berisikan air intake selanjutnya diwariskan ke generasi-generasi sportbike berikutnya, termasuk panigale. 

Ducati Panigale 1198-1298
Source:3.bp.blogspot.com



 Pernah mendengar istilah melewati batas? Apa yang ducati lakukan pada superbike 1199-1299 menurut saya lebih tepat dikatakan sebagai melompati batas.  Panigale,.. sosok superbike yang mencuri perhatian dunia karena kehadiranya dianggap sebagai realisasi dari mimpi para insinyur dan pengemar sportbike yang memimpikan sebuah sportbike dengan inovasi diluar akal sehat.  Ciri khas dari panigale ini adalah tidak ditemukannya logam padat dan panjang yang menyambungkan shockbreaaker depan serta swing arm,…. Betul,.. superbike ini tidak memiliki atau lebih tepatnya hampir tidak memiliki frame. Panigale hanya menggunakan sebuah subframe pada buritan serta sebuah airbox dari logam yang terkoneksi dengan shockbraker depan.


 Untuk kejeniusan insinyur ducati tidak perlu diragukan lagi , karena mewujudkan salah satu ide gila yang mungkin hanya ada di dalam mimpi kompetitor, merupakan identitas yang selalu mereka bawa.

MV Agusta F3

Source: www.motocycletube.net


Mahluk indah ini hasil racikan keluarga Castaglioni, penyabet gelar the most beautifull bike in milan international motor show. Keindahan disetiap inci dari motor ini mensiratkan seakan ada aura seorang gadis didalamnya. Namun yang perlu sobat ketahui proses pendisainanya benar-benar memakan kerja keras serta waktu yang tidak sedikit. Terutama, dibagian gas tanknya.

Source: national geographic mega factories

Kata sang insinyur mereka  menghabiskan waktu lebih banyak hanya untuk menentukan permukaan serta membentuk bidang sederhana. Saking sulitnya gas tank diposisikan sebagai komponen yang terakhir dibentuk, agar para insinyur bisa terfokus (ibarat makan, lauk yang paling enak dimakan belakangan heheh,..) yang unik dari gas tank milik F3 ini selain memiliki desain cantik mereka juga kompak, mereka memanfaatkan ruang semaksimal mungkin sampai-sampai ruangan yang ada diawah jok diisi oleh segmen dari gas tank.

Source: national geographic mega factories
Sudah puas??... eits tunggu dulu,… masih ada satu lagi yang komponen  ikonik di tubuh F3. Hm,,.. apa lagi kalo bukan bentuk sistem pembuangan gas atau knalpot. Saya sangat kagum dengan ide brilian penggunaan knalpot yang memiliki tiga lubang pembuangan, selain unik ide ini benar-benar menjadikan ciri khas yang tidak bisa dihilangkan dari F3. Tidak heran jika banyak pemilik F3 yang gundah gulana ketika memutuskan untuk menggantinya dengan parst aftermarket,… 
Source: www.motocycletube.net



Source:forum.motorcycle-usa.com

No comments:

Post a Comment